HOME

Minggu, 09 November 2014

SISTEM KERJA VALVEMATIC


Valvematic pada NAV1 Penyempurna Kinerja VVT-i
Teknologi Valvematic pada NAV1
Jum'at, 14 Desember 2012 19:05

Toyota Navigator One (NAV1) adalah teknologi terbaru yang dipersembahkan Toyota. Toyota memasang Valve­matic pada mesin 2.000 cc mereka yang berkode 3ZR-FAE bertenaga 158 dk/6.200 rpm dan torsi 196 Nm/4.400 rpm.
Valvematic bukanlah suatu sistem baru, teknologi ini sebagai penyempurna kerja VVT-i dalam meng­operasikan katup. Jadi dalam mesin Valvematic tetap ada unit VVT-i yang mengatur waktu buka katup masuk serta buang.
Valvematic akan membantu optimalisasi dengan mengatur seberapa besar katup membuka, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Sedangkan pada mesin konvensional, walau timing sudah diatur oleh VVT-i, sementara besarnya katup membuka sudah fix.
Oleh sebab itu, kedua teknologi ini harus bekerja sama. Nantinya, timing bukaan katup akan diatur oleh Dual VVT-i, sedang besarnya bukaan katup diatur oleh Valvematic. Lalu, apakah guna katup pada throttle?
Katup hanya akan difungsikan sebagai peredam suara dari intake. Makanya mesin berteknologi Valvematic akan lebih halus. Bayangkan saja, walaupun throttle sudah membuka, tapi karena mesin hanya butuh sedikit bahan bakar, debit BBM yang masuk pasti diatur lagi oleh bukaan katup.
Hasilnya, konsumsi BBM bisa jadi lebih irit karena debit bensin yang masuk sangat akurat dengan kebutuhan mesin, plus emisi gas buang bakal jauh lebih bersih. Jadi, tak hanya mengejar mesin irit, output mesin bakal tetap powerful dengan respon lebih cepat.
Teknologi Valvematic yang diciptakan Toyota terus mendapat perlawanan dari kompetitornya, Honda. Di mana, Honda juga mendesain sistem ini dengan nama teknologi AVTEC (Advance VTEC). Bahkan Honda menambahkan saluran masuk yang panjangnya bisa bervariabel pada AVTEC ini.
Pembukaan katup maksimum valvematic ini juga lebih besar dibanding katup biasa. Dengan cara kerja tersebut Valvematic dapat mengatur suplai bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Sebagai contoh saat pedal gas diinjak secara mendadak pun, penyesuaian antara suplai bahan bakar dan bukaan katup tetap optimal. Power yang dihasilkan pada jenis katup ini untuk mesin 2000 cc adalah kisaran 158 ps.
Keunggulan dari teknologi Valvematic ini adalah :
  1.     Lebih hemat bahan bakar karena besarnya bukaan katup di sesuaikan dengan kebutuhan.
  2.     Engine output lebih besar, karena bukaan katup maksimum lebih besar di banding katup biasa.
  3.     Emisi gas buang lebih rendah.
  4.     Engine response lebih baik pada saat menginjak pedal gas.

Translate